3 Senior High School Surabaya's Journalists and Photographers Team
 
Okay guys, kembali lagi sama aku admin Audrina. Ga kerasa deh, sekarang kita udah pada libur lebaran, yang so pasti kalian dapatkan setiap tahun.

Nah, crews smagawara pada liburan kemana nih lebaran tahun ini? Pasti liburan ke tempat yang seru dan asyik. (apa bedanya min -_-)

Kalian ga pingin nih berbagi cerita tentang liburan kalian? Kalian bisa share dengan cerita singkat about your holiday nih guys, salah satunya ya lewat foto. Mau tau caranya nge-share? Penasaran ga sih? Check it out dulu aja rulesnya.

Buat admin bisa langsung share dari twitter @smagawara , dengan mengetik "Vacation Special Photos :" , and setelah tanda titik dua, kalian bisa menuliskan something 'bout the picture.

Buat yang bukan admin, share aja foto liburan kalian lewat twitter kalian, dengan mengetik "Vacation Special Photos :" , and setelah tanda titik dua, kalian bisa menuliskan something 'bout the picture. The last but not least, don't forget to mention @smagawara :D 

Segitu aja kali ya buat liburan kali ini. Have a great holiday.

And last,
Selamat Hari Raya Idul Fitri :)
 
 
Hey guys, kembali lagi bersama penulis yang kece, Audrina. Berhubung lagi pada puasa, kali ini aku bakal ngasik tips seru biar puasa kalian tetep lancar, salah satunya adalah cara menahan nafsu makanmu selama kurang lebih 13 jam.

LAPAR merupakan masalah utama saat sedang menjalankan ibadah puasa. Biasanya nih, kalau udah puasaan, bawaan males aja gitu, ga pingin ngerjain apa-apa, dan pingin cepet tidur. Atau nih, yang pasaran, mandangin jam terus buat nunggu jam buka, sampai ga ngerasa kalau mata perih gara-gara mentelengin jam mulu. Haha, so classic.

Nah, kali ini aku bakal ngasik tau kalian makanan-makanan yang membantu mengurangi rasa lapar kalian saat puasa. 

Contohnya apel yang katanya identik sama orang yang lagi diet. Tapi jangan salah, apel ini bisa menahan rasa lapar kalian. Apel ini memenuhi kebutuhan akan serat, vitamin, serta air yang penting banget buat badan kalian selama menjalankan puasa. Dengan makan satu buah apel ketika sahur, cukup untuk mengurangi rasa lapar sedikit lebih lama.

Yang kedua adalah brokoli dan bayam. Aduh, baru baca namanya aja kayaknya udah jijik banget. Tapi jangan salah ya, kedua sayuran tersebut memiliki tingkat serat yang tinggi, serta rendah kalori. Jenis sayuran tersebut membuat lambung kalian lebih cepat kenyang, namun tidak menambah kalori, jadi kalian ga perlu khawatir sama berat badan kalian, hehe. Kedua jenis sayuran ini juga mengandung antioksidan yang bagus untuk kulit kalian, serta tingkat vitamin dan mineral yang tinggi.

Berikutnya adalah ikan, yang dikenal sebagai daging yang banyak mengandung protein, jika dibandingkan dengan daging lain yang mengandung lemak. Jenis ikan seperti mackarel, tuna, herring, dan salmon mengandung proten dan juga asam lemak omega-3 yang bagus buat para pelajar, khususnya pas puasaan gini, jadi tetep rajin belajar dan dapat menggapai cita-cita yang kalian impikan. (read: asam lemak omega-3 sangat bagus untuk otak)

At last but not the least, kita ketemu sama kacang-kacangan. Para remaja bilang kalau kacang adalah biang-nya jerawat, salah satunya aku nih. Namun, kacang-kacangan ini dicerna sedikit lebih lama, sehingga lambung akan terasa penuh dalam jangka waktu yang lama. Kacang-kacangan seperti buncis, kacang panjang, dan kacang merah sangat bagus untuk dimasak sebagai hidangan sahur.

Segitu aja kali ya tips yang aku kasik kali ini. Semoga ibadah puasa kalian di tahun ini lancar terus sampai hari raya. Ganbatte!
 
 
Suara benda kecil di samping ranjang ini sangat mengusik tidur pagi gue yang nyenyak. Yeah, handphone, betapa gue sebel banger sama ini barang, apalagi kalau aplikasi alarm dari handphone ini berbunyi, urgh, gue udah ga bisa tidur lagi. Kalau hari senin-jumat sih gue ga papa, soalnya gue harus sekolah. But please, this is Saturday, dan gue pingin tidur nyenyak. Tapi gue urungkan niat gue, ya soalnya gue harus renang, ya biasalah sekolah gue ngadain kegiatan rutin setiap bulannya, yaitu renang. Okelah, gue siap-siap aja dulu.

Okay, gue ga pingin berbelit cerita tentang perjalanan gue dari rumah ke kolam renang, cukup tahu aja deh, gue di anter sama bokap gue. Sesampainya di sana, gue langsung ganti baju gue dan berenang. Renang, gue ga pernah bisa benci olahraga satu ini. Gue emang males awalnya, tapi kalau udah masalah renang, gue ga bakal tinggalin deh, yang kecuali ada tamu bulanan bermasa 7 hari yang ngehalangin gue buat berenang.

Udah gitu, gue mandi nih, ga usah tau lah gue ngapain di kamar mandi, ya lo tau sendiri deh. Gue keluar nih dari kamar mandi, dan tau ga sih gue melihat apa? Wohoo, prince charming gue. Okay, scratch that, he is an ordinary boy, no more. Duh, tapi rambutnya basah banget, ya secara dia abis renang :))))) Ah, tapi dia ga nyadar keberadaan gue, sedih deh. 'Oh yeah, dia kan nanti main futsal deket rumah gue, samperin aja deh entar siang,' batin gue. So, ya gue pulang aja kerumah. Kasihan nih bokap gue, dia nungguin gue sampai gue selesai renang hehe.

Jam 10.00, waduh kok gue belum berangkat juga ya. Ya, dia ada pertandingan futsal di lapangan indoor deket rumah gue. Ya, ngewakilin sekolah gue nih. Duh, gue harus pake kaos warna hitam lagi. Ya, sekolah gue identik sama warna hitam, fiuh setan banget ya? Eits, tapi gue ga masalah lah, itu namanya CINTA ALMAMATER. Gue berangkat deh ke sana.

Ga usah ribet deh, gue akhirnya duduk di dalam lapangan, dan selang beberapa menit gue harus berdiri, I mean semua suporter sekolah gue harus berdiri, so pasti buat dukung tim futsal sekolah gue. Tapi, ada kenyataan yang pahit, dia ga main. Cuma CADANGAN. Duh, cian banget sih dia.

Oke, sekolah gue menang pada akhirnya, 4-0, how lucky. Gue pulang deh, udah ga peduliin dia lagi, toh buat apa? Dia mungkin juga ga peduli sama gue. Gue balik ke parkiran sama temen gue, dan gue harus pulang belakangan, karena motor gue sedikit ngadat. Nah, disaat itu lah, gue bertemu lagi dengannya.
"Apa lo liat-liat gue?"
"Haha, enggak kok. Cuma mau bilang makasih sama lo udah nonton,"
"Oh, sama-sama deh,"
OH MY GOD, dia bilang makasih ke gue ah senengnya gue.
"Lo ga pulang sama R?"
"Ngapain? Dia kan udah mantan,"
Ih sebel banget deh, ngapain juga lo ngomongin mantan gue, kan gue berharapnya sama lo, ih dodol bener.
"Oh, ya udah hati-hati di jalan ya,"
"Iya, makasih ya,"
Wah, gapapa lah dia nanya gitu, yang penting dia bilang hati-hati ke gue hehe.

Okay, no worry lah, mau gue dianggap temennya aja ga papa deh, yang penting bisa ngomong sama dia.
 
 
Oke,ketemu gue lagi fotografer lo yg paling kece badai @rererynt haha, kali ini gue ambil topik 'Cinta'. Kenapa gue ambil topik ini? Ya soalnya gue tau lah ya,anak SMA jaman sekarang kurang lengkap lah kalo udah pake seragam putih abu2 tapi gak ngerasain rasanya cerita cinta jaman SMA.
Apasih cinta menurut kalian? Pasti dari kata2 cinta kalian langsung berfikir sayang lah,pacaran lah,bahagia lah,happy ending story lah,dll
Tapi bagi sebagian org yg udah bener2 ngerasain cinta,bagi mereka cinta itu tangis,sakit,perih,rasa sakit yg gak bisa disembuhin sama dokter mana pun,right?
Kalo kalian berfikir cinta itu harus selalu bisa bikin kalian bahagia, semua itu salah..
Cinta itu sesuatu yg datengnya tiba2, gak bisa kalian prediksi dan gatau rasa cinta itu kalian rasain ke siapa. Bisa aja ke kakak kelas kalian,temen kalian,adek kelas kalian, atau bahkan mungkin ada cinta terlarang kyk cinta sama sodara sendiri misalnya~
Kalian pernah gak sih ngerasa, bener2 pengen tau apasih arti sebenernya dari cinta? Yap, arti cinta yg sesungguhnya itu yg pasti sayang tapi sayang kalian tanpa paksaan apapun, kalo sayang tapi gak ada alasan itu baru cinta yg sesungguhnya, karena cinta itu tulus dan cinta itu gak bersyarat soalnya setiap org bisa kan ngerasain cinta dan sayang. Gak mandang siapa mereka, berapa umur mereka, berapa kekayaan mereka, dari kasta mana mereka, dll.

Kalian lagi ada di posisi mana? Dicintai atau mencintai? Pasti rata2 kalian semua ada di posisi mencintai kan? Sebenarnya dan seharusnya lebih baik kalian ada di posisi dicintai,gak percaya?
Coba kalian fikir, kalian mencintai seseorg kadang gak kesampaian kan? Soalnya kadang sebagian dari kalian berfikir bahwa 'mengungkapkan rasa sayang dan cinta itu gak mudah, dan kalian pasti mikir, apa akibatnya kalo gue ngungkapin rasa sayang gue ini? Apa dia akan nerima? Atau kah dia bakal pergi?' pasti rata2 dari kalian mikir gitu kan? Kalian pasti mikir2 lagi kalo mau ngungkapin perasaan itu~
Sebenernya lebih baik lah org yg kalian cintai itu tau, tapi kalo emg akhirnya nanti mereka ngejauh dan gasuka yaudah lah ya, hallo dengan gitu kalian kan tau kalo mereka bukan org yg tuhan kirim buat kalian. Maybe mereka org2 yg dikirim sama tuhan cuma buat fase cinta yg cuma kalian lewati bukan kalian tinggali, dan taruh di kepala kalian kalo bukannya kalian yg gak pantes buat mereka tapi malah mereka yg KURANG BERUNTUNG gak bisa dapet cinta dan sayang dari kalian..
Gak selamanya lho cinta itu indah, gue aja sering dicurhatin sama anak2 yg sakit gara2 cinta, ya emg gue juga udah sering sih disakitin sama yg namanya cinta hehe.

CINTA ITU SAKIT
Kenapa gue bilang sakit? Ya, meskipun cinta yg tulus pun pasti akan ada sakitnya, contoh simple deh kyk ortu gue yg terpisah karna maut, gimana gak sakit tuh ditinggalin belahan jiwanya pergi dan gak bakal bisa kembali, kasian gue kalo liat papa gue lagi sendiri dengerin lagu yg galau dan gue tau lah papa gue pasti lagi mikirin mama gue yg udah di surga sana, kalian bayangin deh gimana kalo kalian yg ada diposisi papa gue.. Pasti sakit banget kan? Kesepian banget kan?
Yaa, itu lah cinta kadang bisa bikin lo kyk diterbangin ke langit ketujuh dan kadang bisa bikin lo kyk dijatuhin dari langit ke sepuluh. Kenapa gue bilang langit ke sepuluh, soalnya rasa sakit itu biasanya lebih dari rasa bahagianya~

Bagi kalian yg udah kecewa sama cinta gaperlu lah bilang kalo kalian gamau kenal cinta dll, kan di atas gue udah bilang cinta itu unpredictable alias gabisa di prediksi kapan datengnya, cinta yg tulus suatu saat nanti pasti dateng kok ke kalian cuma yaa butuh waktulah ya, dan kalo misalnya kalian cinta sama org yg salah itu berarti allah lagi nguji kalian dan nyiapin kalian buat cinta tulus yg bakalan dateng buat kalian. Kan semua indah pada waktunya guys ;)
Kalo masalah rasa sakit, rasa sakit itu bakal terobati dengan sendirinya kok seiring berjalannya waktu asal kalian mau terus bersyukur dan jangan ngeluh karna tuhan gak tidur, tuhan suka org yg selalu bersyukur, dan tuhan benci sama org yg selalu mengeluh..
Tuhan itu adil, setiap umatnya pasti kok dapet cinta yg sesungguhnya, alias cinta yg tulus~

Kalo kalian lagi pacaran tapi disakitin terus dan pacar kalian gak berubah2 padahal sudah janji, mending kalian lepasin aja deh mereka, mereka itu bukan cinta yg sebenernya kok buat kalian. Org yg bener2 cintanya tulus sama kalian gak bakal lah nyakitin kalian terus, malah mereka bakal jaga kalian sama hati kalian supaya gak sakit dan gak pergi ninggalin dia.

Move on? Pasti semua tau lah 2 kata ini 'easy to say but hard to do' kan? Sebenernya enggak kok, move on itu gampang banget kok, asal ada kemauan dari dalem diri kalian sendiri itu kata kuncinya, ya gue juga gamau munafik lah ya emg susah tapi kalo ada kemauan pasti ada jalan kok. Buktinya aja kalian mau Ulangan kalo ada kemauan buat belajar pasti kan dapet nilai bagus kan? Yaudahlah ya, kalo kalian susah move on soalnya disakitin, tenang aja masih ada si karma yg siap ngebales buat kalian.

KARMA~ karma itu sesuatu yg bakal ngebales ke org yg udah nyakitin kalian ketika kalian sudah move on, dan kalo tuhan berbaik hati pasti kalian dikasih liat kok waktu org yg habis nyakitin kalian itu kena karma.

Jangan pernah berkata benci sama seseorg soalnya benci itu bisa berbalik jadi cinta lho hoho~

Sekian dulu ya yg bisa gue sampein ;)
Maaf ya bukan maksud menggurui atau apalah, tapi believe me gue udah ngerasain itu semua, soalnya sampe umur gue yg sekarang gue udah pernah punya cerita sama org yg paling bangsat gak ketulungan sampe yang paling baik buanget nget :)
 

Autographs