3 Senior High School Surabaya's Journalists and Photographers Team
 
Hey guys, kembali lagi bersama penulis yang kece, Audrina. Berhubung lagi pada puasa, kali ini aku bakal ngasik tips seru biar puasa kalian tetep lancar, salah satunya adalah cara menahan nafsu makanmu selama kurang lebih 13 jam.

LAPAR merupakan masalah utama saat sedang menjalankan ibadah puasa. Biasanya nih, kalau udah puasaan, bawaan males aja gitu, ga pingin ngerjain apa-apa, dan pingin cepet tidur. Atau nih, yang pasaran, mandangin jam terus buat nunggu jam buka, sampai ga ngerasa kalau mata perih gara-gara mentelengin jam mulu. Haha, so classic.

Nah, kali ini aku bakal ngasik tau kalian makanan-makanan yang membantu mengurangi rasa lapar kalian saat puasa. 

Contohnya apel yang katanya identik sama orang yang lagi diet. Tapi jangan salah, apel ini bisa menahan rasa lapar kalian. Apel ini memenuhi kebutuhan akan serat, vitamin, serta air yang penting banget buat badan kalian selama menjalankan puasa. Dengan makan satu buah apel ketika sahur, cukup untuk mengurangi rasa lapar sedikit lebih lama.

Yang kedua adalah brokoli dan bayam. Aduh, baru baca namanya aja kayaknya udah jijik banget. Tapi jangan salah ya, kedua sayuran tersebut memiliki tingkat serat yang tinggi, serta rendah kalori. Jenis sayuran tersebut membuat lambung kalian lebih cepat kenyang, namun tidak menambah kalori, jadi kalian ga perlu khawatir sama berat badan kalian, hehe. Kedua jenis sayuran ini juga mengandung antioksidan yang bagus untuk kulit kalian, serta tingkat vitamin dan mineral yang tinggi.

Berikutnya adalah ikan, yang dikenal sebagai daging yang banyak mengandung protein, jika dibandingkan dengan daging lain yang mengandung lemak. Jenis ikan seperti mackarel, tuna, herring, dan salmon mengandung proten dan juga asam lemak omega-3 yang bagus buat para pelajar, khususnya pas puasaan gini, jadi tetep rajin belajar dan dapat menggapai cita-cita yang kalian impikan. (read: asam lemak omega-3 sangat bagus untuk otak)

At last but not the least, kita ketemu sama kacang-kacangan. Para remaja bilang kalau kacang adalah biang-nya jerawat, salah satunya aku nih. Namun, kacang-kacangan ini dicerna sedikit lebih lama, sehingga lambung akan terasa penuh dalam jangka waktu yang lama. Kacang-kacangan seperti buncis, kacang panjang, dan kacang merah sangat bagus untuk dimasak sebagai hidangan sahur.

Segitu aja kali ya tips yang aku kasik kali ini. Semoga ibadah puasa kalian di tahun ini lancar terus sampai hari raya. Ganbatte!
 


Comments




Leave a Reply


Autographs